dominos coupon codes today

shopclues offers of the day

amazon coupons for mobiles

cleartrip coupon code

globalnin.com

Home / Ekonomi dan Pembangunan / Gotong-royong Pemeliharaan Saluran Irigasi

Gotong-royong Pemeliharaan Saluran Irigasi

Jiwa gotong royong masyarakat di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi terbukti masih sangat kuat. Lihat saja, aksi gotong royong yang dilakukan para petani di Desa Ciwaru dalam melakukan pengerukan lumpur di Saluran Irigasi Primer dan Sekunder DI Cikanteh, Sabtu (04/03).

Kerja bakti itu sendiri merupakan bagian dari program Kegiatan Gotong Royong yang diprakarsai oleh Pemerintah Desa Ciwaru, Babinmas, Babinkamtibmas dan Dinas PU Kabupaten Sukabumi. Kali ini sasarannya adalah kegiatan normalisasi saluran Primer dan Sekunder pada Saluran Irigasi DI Cikanteh. Bapak Taopik Guntur, Kepala Desa Ciwaru, mengaku kaget dengan antusiasme warga untuk mengikuti acara kerja bakti ini.

Hampir 200 orang warga turut serta dalam acara Gotong royong / kerja bakti ini. Bukan hanya para petani yang memiliki sawah saja, warga yang memiliki rumah di dekat saluran irigasi pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka mengeruk sampah yang terdapat di dalam saluran air. Selain mengangkat sampah, warga pun juga mengangkat sedimen tanah yang ada di saluran irigasi tersebut.

“Meskipun Pemeliharaan Saluran Primer dan Sekunder ini merupakan Kewenangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, tidak ada salahnya Pemerintah Desa ikut membantu demi terwujudnya peningkatan Produktifitas Pertanian di Desa Ciwaru. Selain itu untuk mencegah terjadinya banjir yang diakibatkan oleh tumpukan sampah dan sedimentasi Saluran Irigasi” ujar Bapak Taopik Guntur.

Menjaga kebersihan saluran irigasi ini sendiri memang penting, sebab masih banyak warga yang berada di daerah Saluran Irigasi tersebut yang masih kurang kesadarannya dan masih ada yang suka membuang sampah di saluran irigasi.

Mereka tidak menyadari, sampah yang menghambat irigasi ini membawa dampak yang luar biasa. Sawah yang terkena dampak penyumbatan irigasi oleh sampah, di musim penghujan akan mengalami banjir. Di musim kemarau, air tersumbat tidak dapat mengalir ke sawah. Selain itu, endapan lumpur (sedimentasi) juga sering menjadi penyebab pendangkalan saluran irigasi sehingga harus sering dibersihkan.

About admin

Check Also

Reses Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi – DPRD Dapil III Fraksi Golkar

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Golkar, Bapak Ujang Abdurrohim Rochmi melakukan kegiatan resesnya …

One comment

  1. Thanks, great article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *