dominos coupon codes today

shopclues offers of the day

amazon coupons for mobiles

cleartrip coupon code

globalnin.com

Home / Uncategorized / Pemasangan Lubang Resapan Biopori

Pemasangan Lubang Resapan Biopori

Lubang resapan biopori adalah suatu lubang berukuran kurang lebih 4 inch yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah kira-kira sedalam 1 meter yang kemudian diisi dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik tersebut kemudian dapat menghidupi organisme tanah yang akan membentuk pori-pori tanah dan dapat meningkatkan daya resap tanah. Lubang resapan biopori bermanfaat untuk mengurangi genangan air di suatu area tertentu dengan metode resapan air yang ditemukan oleh Dr. Kamir Raziudin Brata, salah satu peneliti dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pada 18 Juli 2017, mahasiswa KKN-PPM UGM dibantu oleh warga Dusun Gunung Batu, Desa Ciwaru telah melakukan pemasangan lubang resapan biopori. Pemasangan dilakukan di 8 titik yang berbeda tepatnya di Kampung Cimarinjung, Dusun Gunung Batu. Dengan dikoordinasi oleh mahasiswa dan kepala dusun, warga bersedia membantu sehingga pemasangan biopori menjadi lebih cepat yaitu dari jam 13.00-16.00 WIB. Dalam pelaksanaanya, 11 mahasiswa KKN dibagi menjadi 2 tim dan masing-masing tim bertugas memasang biopori di lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Tim pertama yang dikoordinir oleh Tari memasang 3 biopori sedangkan tim kedua yang dikoordinir oleh Titis berhasil memasang 5 biopori.

Kampung Cimarinjung dipilih sebagai tempat pemasangan biopori karena di lokasi tersebut sering terjadi genangan yang lumayan tinggi dan berlangsung lama setelah terjadi hujan. Bahkan berdasarkan keterangan dari warga sekitar, ada lokasi yang tinggi genangannya mencapai lutut orang dewasa dan lama genangan biasanya 1 hari sampai 3 hari tergantung intensitas hujan dan frekuensi terjadinya hujan. Dengan dipasangnya biopori ini diharapkan air hujan lebih cepat terserap ke dalam tanah sehingga lama genangan menjadi berkurang.

About admin

One comment

  1. Apa kelebihan dan kekurangan dari resapan biopori?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *