dominos coupon codes today

shopclues offers of the day

amazon coupons for mobiles

cleartrip coupon code

globalnin.com

Home / Ekonomi dan Pembangunan / Penguatan Potensi Agrokompleks di Kawasan Geopark Cileutuh

Penguatan Potensi Agrokompleks di Kawasan Geopark Cileutuh

Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi memiliki berbagai potensi untuk dikembangkan. Selain pariwisata, sektor lain yang perlu dikembangkan diantaranya perikanan, pertanian, kehutanan, dan peternakan. Penguatan yang tergabung ke dalam Agro kompleks tersebut perlu dilakukan mengingat kawasan ini memiliki luas wilayah yang besar serta letaknya yang berbatasan dengan laut sehingga masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan nelayan. Mengingat daya dukung terhadap kesemua sektor tersebut sebagian besar faktornya adalah melalui kemandirian warganya maka edukasi kepada masyarakat perlu dilakukan agar sektor-sektor tersebut dapat terus berkembang. Mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada Desa Ciwaru mendukung secara aktif penguatan sektor-sektor tersebut melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Program unggulan mahasiswa yang tergabung dalam kluster Agro diantaranya adalah Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Ikan Laut, Peyuluhan Penyakit dan Pengobatan Ternak Gratis, Inovasi Pengolahan Mangga dan Kelapa Berorientasi Usaha, Sosialisasi Manajemen Pemeliharaan Ternak dan Pengenalan UMB (Urea Mollases Block), dan Budidaya Tanaman Endemik.

Pada sektor Perikanan, penganekaragaman atau diversifikasi pangan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Diversifikasi ini bertujuan untuk memenuhi selera konsumen yang beragam dan berkembang sehingga selalu ada alternatif dan penyegaran menu dengan demikian kejenuhan pasar dapat teratasi. Salah satu contoh produk olahan ikan adalah produk value added seperti nugget ikan berbentuk segi empat yang melalui proses pencampuran, pembentukan, pembekuan, battering, breading, pengukusan dan pengemasan. Program Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Ikan Laut oleh mahasiswa mendapat sambutan yang positif oleh masyarakat sehingga pengolahan dapat diaplikasikan secara berkelanjutan untuk kebermanfaatan masyarakat itu sendiri.

Pada sektor Pertanian, khususnya teknologi pertanian, menitikberatkan pada produk capaian menuju daerah wisata. Desa Ciwaru yang memiliki potensi pertanian yang paling besar terkonsentrasi pada komoditas buah mangga dan kelapa. Kedua komoditas tersebut selama ini hanya dijual langsung ke daerah sekitarnya. Untuk menuju desa wisata, perlu diadakan produk-produk olahan sebagai oleh-oleh khas tempat wisata. Produk tersebut harus diproduksi secara berkelanjutan, sebagai manifestasi terhadap daerah wisata tersebut sedangkan dikawasan ini sudah pernah ada pelatihan mengenai sistem produksi, pengemasan, dan pemasaran. Program mahasiswa Inovasi Pengolahan Mangga dan Kelapa Berorientasi Usaha dilakukan untuk melengkapi kekurangan yang ada agar masyarakat secara mandiri dapat memproduksi produk oleh-olehnya.

Pada sektor Kehutanan, tanaman endemik merupakan jenis tanaman asli ( native spesies) yang khas terdapat pada suatu daerah. Tanaman loa termasuk jenis bonsai khas yang dimiliki oleh desa Ciwaru. Tanaman loa ini banyak terdapat atau tumbuh di wilayah Geopark Ciletuh. Tanaman loa juga termasuk tanaman yang cocok ditanam baik sebagai tanaman hias maupun sebagai tanaman perindang karena mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cepat tumbuh asalkan tidak ditanam pada daerah yang tergenang. Oleh sebab itu perbanyakan jenis tanaman ini sangat baik untuk mendukung kelestarian dari tanaman ini sendiri. Program ini bertujuan agar masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kelestarian tanaman endemik yang dimilikinya.

Pada sektor Peternakan, permasalahan pemeliharaan ternak, manajemen perkandangan, pakan, dan kesehatan masih perlu dibenahi. Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM berupa penyuluhan secara massal maupun door to door agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif. Penyuluhan pemeliharaan, perkandangan, dan pakan dilakukan secara door to door disertai dengan demo pembuatan secara langsung kepada sebagian peternak sampel yang dipilih kemudian peternak tersebutlah yang nantinya diharapkan dapat menjadi percontohan bagi masyarakat sekitarnya sehingga dapat membagikan ilmunya.Sedangkan dalam bentuk penyuluhan masal, mahasiswa KKN-PPM UGM bekerja sama dengan Dinas Peternakan Sukabumi dan PUSKESWAN Surade memberikan materi berupa Upaya Sapi Wajib Bunting yang telah dicanangkan oleh pemerintah serta penyuluhan penyakit untuk menangani permasalahan kesehatan ternak. Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengobatan ternak gratis yang dilakukan dikawasan desa Ciwaru. Seluruh rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meminimalkan permasalahan pada ternak. ( Oleh : KKN-PPM UGM CIWARU 2017 ).

About admin

Check Also

Reses Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi – DPRD Dapil III Fraksi Golkar

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Golkar, Bapak Ujang Abdurrohim Rochmi melakukan kegiatan resesnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *