dominos coupon codes today

shopclues offers of the day

amazon coupons for mobiles

cleartrip coupon code

globalnin.com

Home / Potensi Desa / Ciletuh Geopark Festival (CGF) 2017

Ciletuh Geopark Festival (CGF) 2017

CIWARU- Untuk yang kedua kalinya Pantai Palangpang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Ciletuh Geopark Festifal (CGF) pada Tanggal 23-24 September 2017.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Wakil Bupati Sukabumi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat, serta dinas dan instansi terkait lainnya yang turut serta mendukung Ciletuh Geopark Festival (CGF).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan “Dalam pertemuan terakhir dengan Bapak Presiden, saya sengaja mengundang beliau ke Ciletuh-Palabuhanratu Geopark ini. In Shaa Allah bulan Desember nanti untuk melihat bagaimana festival budaya Ciletuh-Palabuhan Ratu Geopark yang akan disahkan nanti oleh Unesco Global Geopark, kalau tidak ada halangan. Sekaligus (Presiden) menetapkan dimana lokasi tahun depan akan dibangun bandara di Kabupaten Sukabumi ini,” lanjutnya.

Untuk lokasi bandara, Demiz mengaku pihaknya telah menawarkan dua lokasi, yaitu di Cikembar dan Citarate. Namun, Demiz ingin bandara dibangun di Citarate, Kabupaten Sukabumi, mengingat telah ada proyek infrastruktur transportasi lain seperti jalan tol dan jalur kereta api double track ke kawasan Sukabumi lainnya.

Ciletuh Geopark Festival (CGF) digelar sebagai momentum untuk meningkatkan apresiasi dan pelestarian seni dan budaya Ciletuh-Palabuhanratu guna mendukung penetapan kawasan tersebut sebagai geopark dunia. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat Ida Hernida menjelaskan, bahwa event CGF tersebut untuk mengenalkan potensi pariwisata seni dan budaya Ciletuh-Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Ciletuh Geopark Festival (CGF) adalah salah satu upaya Pemprov Jawa Barat untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan daerah tujuan wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. “Adapun tujuannya adalah meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni-budaya di Palangpang juga meningkatkan potensi budaya di kawasan Geopark Ciletuh, serta memberikan wadah promosi seni-budaya di kawasan Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini,” ungkap Ida dalam sambutannya pada pembukaan CGF 2017 kedua di Pantai Palangpang.

CGF menampilkan berbagai kegiatan, seperti pameran produk kerajinan dan kuliner khas masyarakat Ciletuh dan Palabuhanratu. Selain itu, ada penampilan seni yang melibatkan 200 seniman seniwati, helaran budaya, Seni Cepet, Rengkak Panyadap, Jipeng, Gondang, Tutunggulan, Suligar, Pencak Silat, Wayang Golek, dan lainnya.

Khusus untuk CGF di Pantai Palangpang ini diikuti oleh sanggar seni yang ada di dua kecamatan di Geopark Ciletuh, yaitu Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Waluran. Masing-masing kecamatan mengikutsertakan lima jenis budaya dari 7 (tujuh) desa, diantaranya: Desa Caringin Nunggal, Desa Tamanjaya, Desa Cibenda, Desa Gilimukti, Desa Ciwaru, Desa Mandajaya, dan Desa Wangunjaya.

About admin

One comment

  1. Okay lah artikelnya, tambah video terkait juga dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *